SELAMAT DATANG DI DESA BAJUR KEC. LABUAPI KAB. LOBAR NTB

Pelatihan Budi Daya Jamur

Jamur Tiram sebagai salah satu kegiatan Sosial BKM Benang Emas yang diharapkan sebagai salah satu bentuk lapangan pekerjaan yang akan diminati oleh para peserta Pelatihan. Hal ini cukup menjanjikan untuk menambah income perekonomian keluarga. Untuk  dimaklumi bahwa tempat budidaya jamur tiram / media jamur dari hasil pelatihan bahwa dapat dibuat dari tahapan sebagai berikut:

  • Serbut gergaji dicampur kapur dan dedak, lalu diaduk dan diayak dengan sedikit air/dibasahi
  • Sterilisasi selama 5 jam dengan 100 derajat, dalam karung atau plastic
  • Setelah dingin diinokulasi/masukin bibit
  • Lalu masukan kapas, ikat dengan karung
  • Disimpan di ruang inkubasi selama 2 bulan, baru kemudian dipanen.

Perlu diingat, untuk menghasilkan jamur tiram yang bagus, harus memiliki kelembaban suhu 18-25 derajat.
Kiat sukses membudidayakan jamur adalah telaten, kerja keras dan jujur.
Jamur yang sekarang sedang baik prospeknya adalah:
  • Jamur Tiram Putih/Shemeji (Pleuratus Astreatus). Jamur ini disebut juga jamur kayu, karena tumbuh pada media kayu lapuk.
  • Jamur kuping jamur shitake
  • Jamur Gauderma.
Melalui pelatihan ini diharapkan para peserta telah memiliki skill dalam setiap proses dalam usaha budi daya jamur tiram, maka peluang memperoleh penghasilan lebih banyak semakin terbuka luas. Karena selain bisa menjual jamur tiram segar, bidang-bidang lain yang berkaitan dengan budi daya jamur tiram juga bisa menjadi sumber penghasilan, yang jumlahnya bisa jadi melebihi penjualan jamur tiram segar
Sehingga dengan terjun langsung dalam usaha ini, kita bisa pastikan peserta akan menjadi orang yang dibutuhkan banyak pihak. Karena hingga saat ini belum banyak orang yang punya keahlian di bidang ini, sementara permintaan pasar begitu besar. Maka Anda akan menjadi orang penting yang dicari sebagai praktisi budi daya jamur tiram.
Hal yang perlu Anda miliki saat ini adalah skill dan keahlian dalam menjalankan budi daya jamur tiram. Karena dalam menjalankan bisnis ini ada tahapan-tahapan yang harus  dilewati dari setiap prose produksi, dari penyiapan bahan media tumbuh jamur, pengadukan, pengemasan, sterilisasi, inokulasi, inkubasi, pemeliharaan hingga pemanenan dan pemasaran.

Comments :

0 komentar to “Pelatihan Budi Daya Jamur”
 
Bagaimana Pendapat anda tentang Blog ini
  
pollcode.com free polls 
Photobucket logo nm Photobucket Photobucket