SELAMAT DATANG DI DESA BAJUR KEC. LABUAPI KAB. LOBAR NTB

DAMPAK DARI KEGIATAN LINGKUNGAN PNPM –Mandiri BKM BENANG EMAS


Program pemerintah berupa PNPM – Mandiri Merupakan Program pembelajaran bagi masyarakat untuk bias mandiri dalam melaksanakan pembangunan yang ada di di sekelilingnya. Oleh karena itu program ini sangat disambut baik oleh semua kalangan yang ada diwilayah desa Bajur, alasannya dengan program ini kebersamaan yang perlahan mulai hilang kini kembali dengan masuknya program pemerintah yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam program ini.
Keterlibatan masyarakat dalamprogram PNPM-Mandiri ini merupakan uapaya pemerintah untuk memberdayakan masyrakat terutama masyarakat miskin yang selama ini tidak mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah. Tapi dengan program ini masyarakat miskin merasa sangat diperhatikan dengan keterlibatannya sebagai pemafaat maupun sebagai pelaksana program ini.
Program dari BKM Benang Emas dari segi Lingkungan, benar-benar mendapat dukungan penuh dari masyarakat terbukti deri semua usulan yang di tetepkan oleh BKM Sebagai usulan yang yang masuk ke dalam BAPPUK dapat terselesaikan dengan baik berkat dukungan dari masyarakat , dengan mengutamakan tranparansi atau keterbukaan yang memang mnerupakan keharusan dari setiap KSM untuk benar-benar terbuka dalam pengelolaan dana BLM.
Sistem pelaksanaan Kegiatan Lingkungan
kegiatan- kegiatan yang terrealisasi dari dana BLM dilakukan dengan system Semigotong Royang. Yang artinya kegiatan lingkungan yang terrealisasi dilaksanakan sepenuhnya oleh masyarakat degan melakukan gotong-royong secara bergilir atau serentak untuk menyelesaikan semua kegiatan yang telah diusulkan oleh masyarakat melalui BKM . Sistem semi gotong-royong ini sangat disambut baik oleh warga masyarakat karma dengan system ini semua kegiatan Lingkungan yang merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk melakukan aktifitas sehari-hari dapat terselesaikan sesuai dengan yang di harapkan. Dengan system ini juga dapat menumbuhkan rasa memiliki sarana atau prasarana yang dibangun, hingga pemelihataan juga dilakukan oleh seluruh masyarakat atau pemanfaat dari sarana dan prasarana yang telah mereka bangun dengan tangan mereka sendiri.
Semua kegiatan terdebut terselesaikan berkat kerjasama Pemeriitah desa ,BKM,KSM dan Masyarakat
Bentuk Kerjasama Pemeritah Desa dengan BKM
Kerjasama antara BKM dengan Pemeritah desa Bajur adalah, Bersama – sama Menyelesaikan semua Usulan Masyarakat berupa Sarana dan Prasarana melalui penyelesaian semua perencanaan yang sudah masuk dalam PJM-Pronangkis yang merupakan perencanaan yang diambil dari tingkatan paling bawah yaitu masyarkat melalui musawarah yang dilakukan di setiap dusun atau RT sehingga semua usulan masyarakat ditampung didalam PJM- Ponangkis tersebut. BKM seperti yang telah dilaksanakan sesuai dengan daftar yang masuk dalam BAPPUK I,II.III sudah dapat di selesaikan sedangkan pemerintah Desa melaksanakan apa yang masuk dalam PJM-Pronangkis dengan cara Mengalokasikan dana dari Anggaran Dana Desa (ADD). Sehingga semua usulan masyrakat yang sudah ditampung didalam PJM-Pronangkis dapat terlaksana walaupun belum secara keseluruhan, tapi dengan cara kerjasama yang telah terjalin antara BKM dan Pemerintah Desa perlahan semua kegiatan yang telah di usulkan Masyarakat Perlahan pasti akan terlaksana secara bertahap sesuai apa yang diharapkan oleh Masyarakat.. hingga dengan masuknya program PNPM- Mandiri ini sangat berdampak baik bagi masyarakat , dimana apa yang mereka usulkan dapat terlaksana sedikit demi sedikit. Maka dengan demikian masyarakat desa bajur sangat mengharapkan pemerintah meneruskan system pembangunan partisipatif

Comments :

0 komentar to “DAMPAK DARI KEGIATAN LINGKUNGAN PNPM –Mandiri BKM BENANG EMAS”
 
Bagaimana Pendapat anda tentang Blog ini
  
pollcode.com free polls 
Photobucket logo nm Photobucket Photobucket